Selasa, 01 Maret 2011

Membuat Tema Nokia

Tutorial: Buat tema Nokia S40 menggunakan Carbide UI 3.4



Ini adalah tutorial singkat untuk membuat tema Nokia S40 dengan menggunakan software Carbide UI ver. 3.4.
Nokia S40 adalah HP merk Nokia yang masih bersistem java. Selain S40 masih ada S60 yang bersistem Symbian. S40 dan S60 pun dibagi lagi dalam beberapa versi. Untuk lebih jelas mengenai pembagian tipe ini bisa dilihat pada website forum Nokia.
Beberapa model yang termasuk dalam keluarga S40 ini adalah 5300, 6300, 3600, 6500, dan lain-lain. N3600 versi lama, batangan, memiliki layar lebih kecil tetapi tetap bisa menggunakan tema yang sama dgn yg lai hanya saja tidak akan terlihat sempurna karena perbandingan ukuran screen yg berbeda dengan 5300.
Disini digunakan sampel tema N5300.
Pada gambar pertama, merupakan interface dari carbide UI yang disusun sedemikian rupa, menurut saya, paling optimal dalam membuat tema. Panel paling kanan merupakan preview semua screen yg ada pada hp nokia s40. Panel paling kiri, merupakan sejenis browser yang menunjukkan komponen apa saja yang ada 1 tema nokia s40. Panel di tengah, adalah panel yang menunjukkan bagian yang akan dikerjakan atau di edit, paling atas menunjukkan file yang digunakan, dibawahnya ada preview komponen pada screen itu, paling bawah adalah informasi tipe yang kompatibel.

Gambar kedua adalah proses pembuatan tema. Seperti yang ditunjukkan pada gambar, ya… prosesnya memang seperti itu, tidak perlu pusing. Klik bagian yang mau diedit, kemudian copy sourcenya, paste, beressss……

Kemudian setelah selesai bisa dilihat secara keseluruhan screen yang telah dibuat pada gambar ketiga. Jika tidak ada perubahan tinggal di compile untuk menjadikan file .nth. Apabila kita ingin membuat preview untuk diupload ke M9 seperti yang saya lakukan atau ketempat lain, lakukan pada tahap ini, bisa dengan software easycapture seperti pada posting sebelumnya. Pilih bagian yang ingin ditampilkan, jepret dengan easycapture, file .jpg untuk preview pun sudah di tangan. tidak perlu bingung….

Gambar keempat, ini adalah proses compile untuk menjadi file .nth, selama ini option itu yang saya gunakan karena untuk tipe .nth yang lain selalu tidak jalan (file rusak katanya HP-ku).
Tema sudah jadi, tinggal digunakan….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar